✓ 20 Amalan Sunnah di Bulan Suci Ramadhan

 ✓ 20 Amalan Sunnah di Bulan Suci Ramadhan - mengengek.com

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Sahabat seiman, sungguh menyejukkan hati saat mendengar kata Ramadhan. Bulan suci nya umat islam, dimana dalam 1 bulan penuh kita diwajibkan untuk berpuasa. Tidak terasa lagi bulan Ramadhan menghampiri kita, persiapkan bekal seperti ilmu,fisik serta mental yang kuat untuk menghadapi bulan suci Ramadhan. 

Kenapa butuh persiapan ?

20 Amalan Sunnah di Bulan Suci Ramadhan

Untuk memaksimalkan ibadah kita kepada sang pencipta, yaitu Allah SWT. Agar setiap detik nya kita di bulan suci Ramadhan menghasilkan pahala di sisi Allah SWT.

Persiapan yang hendak kita lakukan adalah salah satunya dengan menyiapkan segala amalan yang akan kita kerjakan di bulan suci Ramadhan. 

Lalu apa saja amalan yang dapat kita lakukan di bulan suci Ramadhan ?

Berikut ini amalan sunnah di bulan suci Ramadhan

1. Sholat Tahajud

2. Makan Sahur

3. Sholat Sunnah Syuruq

4. Sholat Dhuha

5. Membaca Surat Ar-rahman di Pagi Hari

6. Al-Ma'surat Pagi

7. Membaca Surat Al-Waqiah setelah Sholat Ashar

8. Al-Ma'surat Sore

9. Membaca Surat Yasin setelah Sholat Maghrib

10. Sholat Tarawih

11. Membaca Surah Al-Mulk setelah Tarawih

12. I'tikaf di masjid ketika Waktu Luang

13. Membaca Al-quran

14. Memperbanyak Istighfar

15. Memperbanyak Sholawat Nabi

16. Sholat Sunnah Taubat Nasuha Sebelum Tidur

17. Berbuka dengan kurma

18. Berbagi Takjil ke Tetangga / Sedekah

19. Mencari lailatul Qadar

20. Memaafkan orang lain sebelum tidur.

1. Sholat Tahajud

Sholat Tahajud adalah amalan sunnah yang bisa kita lakukan pertama kali saat mata kita terbuka dari tidurnya. Sholat tahajud dapat dilakukan pada sekitar jam 01.00 sampai waktu subuh. Maksimalkan sholat tahajud ini sampai 8 rakaat dan tambah dengan 3 rakaat witir, waktu sahur ini adalah momentum kita untuk membiasakan diri bangun malam untuk melaksanakan sholat tahajud.

Mana yang harus didahulukan, sholat tahajud atau makan sahur ?

Jika hidangan sahur sudah siap sebaiknya makan terlebih dahulu, kalau belum laksanakan sholat tahajud terlebih dahulu.

Kalau momentum waktu sahur ini saja kita tidak bisa melaksanakan sholat tahajud, lalu kapan lagi kita akan sholat tahajud ?

2. Makan Sahur

Makan sahur sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW, karena didalamnya terdapat keberkahan dalam menyantap makanan dan sekaligus menjadi simpanan tenaga kita ketika menjalani ibadah puasa. Jangan lah kita meninggalkan sahur ini walaupun hanya dengan seteguk air yang diniatkan untuk berpuasa. Allah dan para malaikatnya akan bershalawat pada orang-orang yang makan sahur.

Sesuai dengan hadis Rasulullah SAW sebagai berikut:

Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

السُّحُورُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ فَلاَ تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

Makan sahur adalah makan penuh berkah. Janganlah kalian meninggalkannya walau dengan seteguk air karena Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang makan sahur.” 

(HR. Ahmad 3: 44. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi).

3. Sholat Sunnah Syuruq

Sholat sunnah syuruq adalah sholat sunnah yang dikerjakan setelah sholat subuh berjamaah dimasjid. Waktu yang tepat dilakukan untuk sholat syuruq ini adalah sebelum matahari terbit. 

Jika mau sholat syuruq ini, syaratnya adalah kita tidak boleh keluar dari masjid alias kita harus beri'tikaf dimasjid. Membaca al'quran, bershalawat kepada Nabi, tasbih, tahmid, takbir, atau beristighfar dapat dilakukan saat kita sedang beri'tikaf menunggu waktu syuruq datang.

4. Sholat Dhuha

Sholat dhuha adalah sholat yang dikerjakan di pagi hari. Kalau saya patokan sholat dhuha adalah antara jam 7 pagi sampai jam 11 siang paling lambat.

Sholat Dhuha ini bisa dikerjakan sampai dengan 12 rakaat dengan 2 rakaat satu salam. Walaupun sibuk dalam beraktivitas jangan sampai tinggalkan sholat dhuha ini walaupun hanya 2 rakaat setiap hari. Usahakan juga sholat dhuha di masjid, karena akan menambah ke khusyukan dalam beribadah.

5. Membaca Surat Ar-rahman di Pagi Hari

Dianjurkan sekali membaca surat yang amat spesial ini di pagi hari apalagi setelah selesai sholat dhuha. Surat ar-rahman ini memiliki keutamaan yang amat banyak yang salah satunya adalah menambah kan rasa syukur kita kepada Allah SWT akan banyak nya nikmat yang Allah berikan kepada kita.

Sering kali manusia ini lupa bersyukur atas besarnya nikmat yang Allah berikan. Manusia pada umum hanya memandang nafsu (harta) saja sebagai rezki dan nikmat dari Allah SWT.

Nyatanya, tubuh yang sehat, lingkungan yang baik, tidak ada bahaya, tidak ada musibah merupakan nikmat Allah yang besar dan sering terlupakan. Itulah mengapa kita harus banyak-banyak bersyukur atas nikmat Allah salah satunya dengan cara membaca surat Ar-rahman ini.

6. Al-Ma'surat Pagi

Sesuai dengan firman Allah pada surat Al-insan Ayat 25 yang artinya , " dan sebutlah nama tuhanmu pada pagi dan sore hari " kita dianjurkan oleh Nabi untuk selalu berdzikir kepada Allah SWT. 

Al-Ma'surat ini adalah kumpulan dzikir yang biasa Rasulullah SAW baca saat pagi maupun sore hari. 

Kalian tinggal cari saja buku atau tidak aplikasi al-ma'surat sudah banyak beredar.

7. Membaca Surat Al-Waqiah setelah Sholat Ashar

Surat Al-waqiah memiliki keutamaan yaitu agar pembacanya terhindar dari kemiskinan. Dawamkan baca surah ini sore hari setelah sholat ashar, InsyaAllah terhindar dari yang namanya kemiskinan. 

Selain itu juga kita mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari membaca huruf Al-Quran yang mulia.

8. Al-Ma'surat Sore

Nah, setelah sholat ashar dan membaca surah al-waqiah, lanjutkan berdzikir al-Ma'surat sore InsyaAllah menambah pundi-pundi pahala kita.

Jangan lupa untuk membaca al-ma'surat sore ini karena pahala nya luarbiasa apalagi saat dikerjakan pada bulan Ramadhan ibadah puasa.

9. Membaca Surat Yasin setelah Sholat Maghrib

Membaca surat yasiin sangat banyak sekali manfaat dan keutamaan yang akan kita dapatkan. Salah satunya jika kita rajin membaca surah ini setiap malam, maka InsyaAllah dosa kita akan diampuni oleh Allah SWT.

Surah ini merupakan jantungnya Al-Quran sehingga surat ini termasuk surah yang sangat mulia. Sempatkan diri kita untuk membaca surah ini selepas sholat maghrib, setelah itu baru menyantap makan berat berbuka.

10. Sholat Tarawih

Tentu saja sunnah yang satu ini tidak boleh terlewatkan saat bulan suci Ramadhan tiba. Sholat tarawih ini dilaksankan selepas sholat isya' dan dilakukan secara berjamaah.

Jangan sampai melewatkan sholat sunnah yang satu ini, apalagi jika sudah menuju akhir-akhir bulan Ramadhan. Biasanya orang diakhir bulan Ramadhan masjid menjadi sepi, hanya ramai di awal Ramadhan saja. 

Padahal dimalam 10 hari terakhir ada lailatul qadar, dimana dimalam itu lebih baik daripada 1000 bulan.

11. Membaca Surah Al-Mulk setelah Tarawih

Membaca Surah Al-mulk sebelum tidur dapat memberikan keutamaan pada pembacanya yaitu diselamatkan oleh Allah dari siksa kubur. Kalau kita selamat dari siksa kubur artinya yang tersisa di kubur hanya kenikmatannya saja.

Saya jadi ingat sebuah hadist yang kurang lebih saya pahami seperti ini, apabila seseorang meninggal kemudian mendapati kemudahan di alam kuburnya (Nikmat) maka perjalanannya menuju akhirat akan lebih mudah.

Sebaliknya jika seseorang meninggal kemudian mendapati kesusahan (adzab) di alam kuburnya, maka perjalananya menuju akhirat akan lebih sulit. Lebih sulit disini maksudnya ialah lebih sengsara daripada saat dia di adzab di alam kubur.

Makanya Rasulullah menganjurkan kita untuk selalu membaca surah al-mulk ini sebelum tidur, untuk bisa selamat dari siksa kubur.

12. I'tikaf di masjid ketika Waktu Luang

Beri'tikaf dimasjid sangat banyak sekali pahalanya, setiap detik kita dimasjid akan Allah SWT hitung sebagai pahala amal shalih. Begitu mulia masjid yang jadi rumah Allah sehingga Nabi pun menjadi masjid sebagai tempat yang beliau cintai di bumi.

Apalagi kalau i'tikaf kita kita barengi dengan baca Al-Quran, sungguh pahalanya tidak akan bisa kita hitung, kita serahkan semua hitungan kepada Allah biar kita tetap amalkan saja tanpa harus berhitung-hitung.

13. Membaca Al-Qur'an

Al-Quran yang mulia memiliki pahala yang tak terhingga disisi Allah SWT, jika hitungan manusia 1 huruf dari membaca Alquran itu 10 pahala disisi Allah maka akan akan dilipat gandakan pada bulan Ramadhan menjadi 10 lagi , artinya 1 huruf saja dari Al-quran kita mendapatkan 100 pahala.

membaca alquran


Tapi kita jangan menghitung pahala, sebab Allah itu memberikan pahala tidak terbatas sesuai yang dikehendaki-Nya. 

Kalau kita menghitung pahala, maka Allah akan memberikan pahala sesuai hitungan kita itu. Padahal kalau tidak kita hitung-hitung maka Allah akan memberikan memberikan pahala yang bahkan kita tidak bisa menyebutkan berapa jumlahnya (tidak terbatas). 

14. Memperbanyak Istighfar

Pada hari Hisab manusia, akan di timbang mana lebih berat amal baik atau buruk.

Membaca Al-quran memberikan kita pahal yang berlimpah dan tidak terbatas, disamping itu kita juga bisa memohon kepada Allah untuk diampuni segala dosa-dosa yang telah kita lakukan. Karena pada saat Bulan Ramadhan ini Allah sangat menanti-nanti para hambanya yang memohon ampunan dan akan mengampuninya.

Bulan suci Ramadhan dimana pintu neraka ditutup seolah-olah menolak hamba Allah yang telah bertaubat dan memohon ampun untuk memasukinya dan pintu surga dibuka seluas-luasnya seolah olah memanggil para calon penghuninya untuk masuk.

15. Memperbanyak Sholawat Nabi

Bersholawatnya kepada nabi, sebab Allah dan para malaikat kepada siapa yang bersholawat untuk nabi.

Pahala yang didapatkan karena sholawat pun sangat luar biasa keutamaanya.

Pernah pada suatu ketika Rasulullah isra' miraj naik ke langit, para malaikat bersholawat untuk nabi ketika lewat, namun ada 1 malaikat yang tidak bersholawat sehingga Allah patahkan sayapnya dan Allah asingkan selama beberapa lama.

Hingga akhirnya, nabi pun bertanya kepada jibril tentang malaikat itu, karena ia lupa bersholawat kepada nabi lalu Allah menghukumnya.

Setelah sadar akan kesalahanya malaikat itu pun memohon kepada Allah untuk diampuni dan segera bersholawat kepada nabi, seketika sayap nya pun kembali ke sedia kala dan diangkat lagi derajatnya seperti malaikat lainnya.

Sungguh dahsyatnya Bersholawat kepada Rasulullah SAW.

16. Sholat Sunnah Taubat Nasuha Sebelum Tidur

Sholat sunnah taubat juga kita harus lakukan guna untuk mengingatkan diri kita untuk selalu bertaubat dari dosa dengan bersujud kepada Allah sebelum tidur. Sholat sunnah ini merupakan amalan yang luarbiasa apalagi dikerjakan pada saat bulan Ramadhan.

Taubatan nasuha artinya kita benar-benar ingin bertaubat dan memohon kepada Allah untuk menerima taubat kita.

17. Berbuka dengan kurma

kurma

Kurma merupakan buah yang disukai pada saat Rasulullah berbuka, cukup makan 1 satu akan sudah mengembalikan tenaga kita untuk beribadah. Makan 3 untuk mencukupkan stamina kita seperti sedia kala.

Berbuka jangan berlebihan ingat tujuan kita puasa adalah MENAHAN DIRI.

18. Berbagi Takjil ke Tetangga / Sedekah

Sedekahlah karena pahalanya akan mengalir ke anda juga. Pahala dari memberi makan berbuka kepada orang lain adalah pahala orang tersebut selama berpuasa akan anda dapatkan juga dan tidak mengurangi pahalanya sedikitpun. Artinya anda mendapatkan copy paste hasil amalan puasanya.

Bayangkan jika kalian memberikan takjil murah yang hanya 5000 saja kepada 10 orang yang berpuasa, maka berapa pahala yang anda dapatkan ? bagaimana kalao 100 orang ?

Hanya Allah yang tau berapa pahala yang anda dapatkan.

19. Mencari lailatul Qadar

Lailatul Qadar ada di 10 malam terakhir pada bulan Ramadhan, luarbiasanya pada malam ini akan dilipat gandakan pahala amalan seseorang sebesar 1000 bulan.

Artinya jika kita mengerjaka sholat pada hari itu dan kita mendapatkan lailatur qadar, maka akan terhitung oleh Allah kita mengerjakannya selama 1000 bulan.

Begitu juga dengan bacaan Al-Quran kita, akan dilipat gandakan oleh Allah pahalanya seperti kita kerjakan selama 1000 bulan. Tak akan bisa kita hitung, biarkan Allah yang menghisab kita.

20. Memaafkan orang lain sebelum tidur.

Maafkan orang yang berbuat salah padamu sebelum kau tidur, baik itu dia sengaja ataupun tidak. Kalau kita memaafkan orang lain sebelum tidur InsyaAllah akan memaafkan juga kesalahan kita.

"Apakah kau tidak ingin Allah mengampuni dosamu ?"


Itulah tadi 20 amalan sunnah yang bisa kita kerjaka pada bulan Ramadahn semoga dapat kita kerjakan dan istiqomah bukan pada saat ramadhan saja.

Semoga Bermanfaat.

2 komentar untuk "✓ 20 Amalan Sunnah di Bulan Suci Ramadhan"

  1. di bulan ramadhan ibadah sunnah akan diberikan lebih banyak pahala. pasti lebih semangat lagi dalam mengerjakannya. mantap

    BalasHapus

Posting Komentar